Berbagi Makanan dan Kebahagiaan Bersama Wonder Food Indonesia

10 August 2020

Hi teman-teman! Kami adalah Wonder Food Indonesia, sebuah yayasan sosial yang memiliki kepedulian akan isu bahan makanan berlebih (food waste) dan pentingnya asupan nutrisi dan gizi di Indonesia. Wonder Food Indonesia sendiri berdiri sejak 1 Maret 2019.

 

Dipelopori oleh sekelompok orang yang tergerak hatinya, Wonder Food Indonesia percaya bahwa isu food waste dan asupan nutrisi yang sesuai di Indonesia masih menjadi PR kita semua.

 

Berdasarkan data BAPPENAS per 2018, Indonesia berada di posisi kedua sebagai produsen sampah makanan terbesar di dunia. Lalu, Data Riset Kesehatan Nasional (Riskesdas) 2018 melaporkan angka stunting (pertumbuhan yang terhambat karena kurangnya nutrisi) di Indonesia berada di 30,8%. Angka ini masih jauh dari standar yang dimiliki WHO yaitu 20%.

 

Kami melihat bahwa kesenjangan antara orang yang susah mendapatkan makanan bernutrisi dan bergizi dengan orang yang suka menyia-nyiakan makanan masih besar. Apalagi dampak dari kurangnya konsumsi makanan bernutrisi dan bergizi bagi anak-anak adalah hal yang serius yaitu terkait pertumbuhan fisik dan intelegensi.

 

2 misi utama kami adalah Reduce Food Waste dan Nourish the Country, dengan begitu Wonder Food Indonesia berharap dapat berkontribusi nyata untuk Indonesia dalam mengurangi tingkat food waste, dan menyalurkan makanan bernutrisi serta bergizi kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Tahap pertama yang dilakukan Wonder Food Indonesia dalam menjalankan misi Reduce Food Waste dan Nourish the Country adalah dengan mencari pihak lain untuk bekerjasama. Nantinya bahan makanan terselamatkan yang didapatkan akan diolah menjadi makanan matang di dapur Wonder Food Indonesia dan didistribusikan oleh Food Truck milik kami. Semua prosesnya pun akan dibantu oleh teman-teman volunteer.

 

Untuk program-program lainnya yang dijalankan oleh kami, teman-teman dapat melihatnya lebih lanjut pada kanal-kanal yang ada di website ini.

 

Selamat menjelajah dan mengenal Wonder Food Indonesia lebih jauh! :)