5 Cara Mudah Terapkan Pola Makan Sehat Saat Beraktivitas

10 August 2020

Padatnya kegiatan yang dimiliki membuat banyak orang sering lupa dengan pola makan sehat. Padahal mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi itu penting banget.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang ahli gizi bernama Cheryl Forberg dimana setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung 45 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 35 persen lemak di setiap porsinya. Dengan begitu mereka dianggap memiliki pola makan yang sehat karena nutrisi yang didapatkan oleh tubuhnya lengkap.

Berikut ini 5 cara mudah terapkan pola makan sehat yang telah Wonder Food Indonesia rangkum agar pola makan sehat kamu tetap terjaga ketika beraktivitas:

 

1.     Konsumsi air mineral yang banyak

Pastikan tubuh kamu tetap terjaga dari dehidrasi. Minumlah air mineral sedikitnya 2 liter atau setara 8 gelas setiap harinya. Mengonsumsi air mineral yang cukup akan membantu melancarkan sistem pencernaan, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori hingga menurunkan berat badan.

 

2. Ganti minuman aneka rasa menjadi infused water

Kamu nggak terlalu suka dengan air mineral? Lebih suka meminum minuman yang beraneka rasa? Kini saatnya kamu mencoba infused water! Infused water adalah air mineral yang dimasukkan potongan-potongan buah segar di dalamnya, sehingga memiliki rasa yang enak tetapi tetap sehat. Dengan infused water, kamu bisa mulai mengurangi minuman beraneka rasa yang mengandung banyak gula serta bahan pengawet.

 

3. Pastikan selalu sarapan

Chalene Johnson, seorang pengelola rubrik kesehatan di Majalah Women’s Health Amerika menulis bahwa cara paling tepat untuk menjaga berat badan ideal serta pola makan sehat adalah dengan sarapan. Sarapan membuat seseorang mendapat vitamin dan mineral yang lebih baik dibandingkan mereka yang nggak sarapan. Orang yang sarapan akan berenergi dan nggak mudah lelah ketika beraktivitas.

 

4. Kurangi konsumsi garam

Sebuah penelitian Centers for Disease Control and Prevention pada tahun 2015 di Amerika Serikat menemukan bahwa kelebihan sodium bisa meningkatkan tekanan darah serta risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Salah satu sumber makanan yang banyak mengandung sodium adalah makanan cepat saji seperti junk food dan juga cemilan. Sebaiknya kurangi makanan tersebut dan mulailah memasak sendiri dengan menu-menu sederhana tetapi sehat sebagai bekal saat beraktivitas.

 

5. Kurangi makanan olahan secara perlahan

Jika kamu berniat memasak sendiri, kamu juga perlu memperhatikan bahan makanan yang digunakan. Seperti halnya makanan olahan. Makanan olahan yang berlebihan dianggap dapat mengacaukan sistem pencernaan dan menyebabkan kenaikan berat badan. Pastikan kamu juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin, atau setidaknya sebagai pendamping agar gizi dan nutrisi yang didapat seimbang.

 

 

Berbagai sumber

Wonderfood
News