Merasa Susah untuk Nggak Menyisakan Makanan? Berikut 4 Tips yang Bisa Kamu Ikuti

29 July 2020

Tanpa sadar seringkali kita menyisakan makanan yang dimakan sehingga menjadi sampah makanan (food waste). Hal ini pun bisa menjadi kebiasaan untuk sebagian orang. Kalau kamu merupakan salah satu yang *menderita* hal ini -selalu-menyisakan-makanan-di-piring, kamu harus coba ikuti beberapa tips untuk menghentikan hal tersebut seperti berikut:

1. Selalu bagi porsi makanan

Setiap selesai memasak makanan, pastikan bagi terlebih dahulu jumlah porsi yang kamu masak . Makanlah sedikit demi sedikit di piring terpisah. Jika kamu merasa belum kenyang dan kurang, baru amibil lagi beberapa sendok untuk dimakan. Jika kamu merasa cukup dan kenyang, bagi makanan yang telah kamu bagi dua tadi kepada teman atau keluarga. Dengan begitu makanan akan terhindar dari potensi dibuang dengan sia-sia.

2. Bungkus makanan

Kalau kamu sedang di luar dan memesan makanan. Lakukan hal yang sama seperti di atas. Bagilah dua. Namun dalam situasi ini, jika teman kamu nggak mau menghabiskan makanan yang kamu pisahkan karena meraka juga memesan makanan, kamu bisa meminta pelayan untuk membungkusnya.

Makanan yang dibungkus itu bisa kamu bawa pulang dan makan kembali di rumah. Kamu juga bisa memberikan makanan tersebut kepada orang lain. Makanan yang telah dipisah masih sangat layak kok untuk dibagi ke orang lain karena belum tersentuh. Daripada dibuang kan?

3. Pilih bahan makanan yang bisa diolah kembali

Dengan mengetahui dan sadar kebiasaan menyisakan makanan, kamu seharusnya mulai memilih bahan-bahan makanan apa yang perlu kamu beli untuk dimasak. Bahan makanan seperti ayam, tempe, frozen food adalah bahan makanan yang tepat untuk bisa kamu konsumsi. Jadi, ketika nggak habis nanti, kamu masih bisa mengolah mereka menjadi menu lain. Seperti halnya ayam goreng yang kamu olah kembali menjadi pelengkap nasi goreng.

4. Kompos

Kumpulkan semua sampah makanan yang kamu buang, kemudian olah sampah tersebut menjadi kompos dengan cara masukkan ke dalam ember dan tutup rapat. Kemudian aduk sampah makanan di dalam ember setiap 3 hari berturut-turut selama 2 minggu. Lalu keringkan sampah tersebut, dan jadilah kompos dari sampah makanan untuk tanaman kamu.

Gimana, mudah atau ribet? Kalau mudah tolong dilakukan ya teman-teman Wonder Food Indonesia agar tingkat food waste dapat berkurang. Jika cara di atas susah, ya habiskan semua makanan kamu jangan sampai ada sisa. OK?

 

 

 

Berbagai sumber

Wonderfood
News