Selain Kurangi Limbah Makanan, 5 Tips Ini Buat Kamu Lebih Hemat

06 July 2020

Sampah makanan adalah salah satu jenis limbah yang cukup berpengaruh terhadap perubahan iklim di bumi. Sampah makanan berasal dari berbagai tempat seperti pasar, restoran, dan bahkan diri individu.

Indonesia sendiri berada di posisi kedua sebagai produsen sampah makanan terbesar di dunia menurut data BAPPENAS per 2018.

Oleh karena itu, Wonder Food Indonesia ingin mengajak kamu untuk dapat berhenti membuang-buang makanan, sekaligus menjadi lebih hemat dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

1.     Bijak dalam berbelanja

Pastikan sebelum berbelanja bahan makanan kamu telah menyiapkan daftar belanjaan apa saja yang benar-benar dibutuhkan. Selain menghemat waktu, hal ini bisa mencegah potensi bahan makanan yang dibeli menjadi limbah di rumah.

Hindari juga membeli bahan makanan dalam jumlah banyak hanya karena berpikir harganya akan lebih murah. Misalnya saja, kamu membeli roti lebih banyak dari yang dibutuhkan akibat diskon, padahal nantinya roti-roti tersebut bisa saja basi dan berakhir di tong sampah.

2.     Pastikan bahan makanan tersimpan dengan baik

Cara untuk menyimpan bahan makanan tidak selalu sama. Kamu perlu memastikan masing-masing bahan makanan yang dibeli tersimpan dengan baik dan tepat. Jika salah menempatkan, bahan makanan tersebut bisa lebih cepat basi dan harus dibuang. Selain basi, salah dalam meletakkan bahan makanan bisa mengakibatkan kontaminasi oleh bakteri atau jamur dan membuatnya menjadi busuk.

3.     Segera habiskan makanan yang mendekati rusak

Lakukan pengecekan secara berkala terhadap bahan makanan di rumah. Ketika ada bahan makanan yang terlihat hampir rusak, sebaiknya langsung habiskan. Jangan tunggu lebih lama. Misalnya sayuran yang mulai layu tetapi masih layak, langsung saja kamu masak sebelum sayuran tersebut membusuk dan kamu harus membeli lagi.

4.     Bersihkan lemari pendingin secara berkala

Lemari pendingin memiliki peran sangat penting dalam hal menyimpan makanan. Periksalah secara berkala kondisi lemari pendingin, seperti suhu lemari pendingin dan kebersihannya.

5.     Masak sesuai kebutuhan

Sama seperti berbelanja, hindari memasak berlebihan tidak sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Hal ini juga berlaku ketika kamu memesan makanan dari luar. Jika kamu sendiri, masaklah untuk porsi satu orang begitupun jika kamu bersama keluarga.

Pastika sisa bahan makanan yang masih layak dan bisa dimasak kembali kamu simpan dan gunakan di hari berikutnya. Jika perhitungan kamu salah, bagikan makanan matang yang kamu buat ke tetangga.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan 5 cara mengurangi limbah makanan di atas? Yuk, saatnya berhenti membuang-buang makanan kamu!

Wonderfood
News