Tips Mengolah Ulang Nasi, Protein Hewani & Sayuran yang Tersisa

13 July 2020

Sampah makanan (food waste) masih menjadi salah satu hal yang mengkhawatirkan di Indonesia. Pasalnya, menurut data BAPPENAS per 2018, Indonesia berada di posisi kedua sebagai produsen food waste terbsesar di dunia.

 

Oleh karena itu, untuk bantu mengurangi jumlah food waste di Indonesia, Wonder Food Indonesia telah merangkum tips mengolah ulang nasi, protein hewani dan sayuran yang tersisa sehingga kamu nggak perlu membuangnya secara sia-sia.

 

1.          Nasi

Nasi menjadi salah satu jenis makanan yang paling banyak dibuang. Jika kamu memiliki banyak sisa nasi, pastikan kalau kamu akan mengolahnya kembali hingga habis. Cara mengolah sisa nasi yang paling mudah dan digemari adalah dengan menggorengnya menjadi nasi goreng.

 

Selain nasi goreng, kamu juga bisa manfaatkan nasi yang tersisa menjadi kerupuk. Dalam membuat kerupuk nasi kamu membutuhkan tiga bahan sederhana lainnya selain nasi yaitu bawang putih, tapioka dan bumbu sesuai selera.

 

Mau variasi olahan yang lebih simple? Ada kok, yaitu omelet. Jangan salah, membuat omelet dengan campuran telur dan nasi itu enak lho, juga proses memasaknya yang praktis hanya dalam satu kali.

 

Nasi sisa juga bisa diolah kembali menjadi nasi bakar yang dilengkapi dengan protein hewani yang kamu punya.

 

2. Protein Hewani

Daging yang kamu masak semalam masih sisa? Tolong jangan dibuang ya. Sisa ayam dan daging tersebut masih bisa kamu olah kembali menjadi berbagai macam olahan baru.

 

Pertama, kamu bisa mengubah daging ayam yang berlebih sebagai pelengkap nasi goreng dengan cara dibersihkan dahulu daging tersebut jika perlu, kemudian disuwir.

 

Kedua, sisa lauk protein hewani seperti daging sapi yang dipanggang bisa dibuat menjadi sate dengan cara dipotong-potong kecil dan ditusuk, lalu bakar. Agar sajian sate lebih maksimal rasanya, buat juga sambal kecap dengan menggunakan bahan-bahan seperti cabai rawit, tomat, bawang merah, kecap manis, dan peruk nipis.

 

Ketiga, jadikan sisa daging sapi atau ayam sebagai isian sandwich.Suwir atau iris tipis-tipis sisa daging kemudian tabur ke salah satu sisi roti tawar. Tambahkan pelengkap dari sayuran seperti tomat, mentimun dan selada. Tambahkan juga saus sambal atau mayonnaise agar rasanya lebih lengkap, lalu tutup dengan selembar roti tawar lainnya

 

Keempat, sisa daging ayam opor yang kamu punya bisa diolah kembali menjadi sup. Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu bersihkan daging ayam dengan air panas agar rasa bumbu opornya hilang. Selanjutnya masukkan daging ayam yang telah dibersihkan ke dalam olahan sup yang telah dilengkapi dengan sayuran bernutrisi.

 

3. Sayuran

Terkadang kita lupa sama sayuran yang kita beli sehingga membuat sayuran tersebut layu dan terlihat nggak lagi layak untuk dimasak. Padahal kalau seperti ini, kamu masih bisa memanfaatkan sayuran-sayuran tersebut dengan mengolahnya menjadi acar.

 

Nggak hanya menjadi acar saja, sisa sayuran yang masih layak bisa kamu gunakan sebagai pelengkap sandwich. Bahan yang perlu kamu miliki pun nggak ribet yaitu dua lombar roti tawar, telur, sayuran, saus sambal dan mayonnaise.

 

Mau olahan yang lebih fancy? Sisa sayuran bisa kamu manfaatkan sebagai topping pizza. Adonan pizza-nya sendiri bisa kamu dapatkan di supermarket dengan mudah. Jangan lupa gunakan bahan makanan yang ada lainnya sebagai pelengkap seperti daging sapi atau ayam.

 

Nah, kalau kamu salah satu penggemar drakor, kamu kemungkinan familiar dengan makanan bernama kimchi. Kimchi adalah salah satu makanan fermentasi yang baik bagi pencernaan. Coba deh, ikuti cara pembuatan kimchi ini. Olah sayuran yang nggak terpakai menjadi makanan fermentasi seperti kimchi daun bawang. Selain dapat mengurangi food waste, kamu bisa bisa coba makanan baru dari drakor favorit kamu!

 

 

Berbagai sumber

Wonderfood
News